Saat ini tren gaya hidup sehat seperti “back to nature” cukup berperan dalam membentuk opini masyarakat untuk sedapat mungkin menggunakan bahan-bahan alamiah dalam menjaga kesehatan. Obat-obatan alamiah seperti herbal, obat tradisional dan jamu banyak sekali macamnya yang beredar dipasaran. Tapi, apa sih perbedaan dari ketiganya?

  • Herbal 

Herbal adalah bahan atau produk dari tumbuhan yang manfaatnya digunakan sebagai pengobatan untuk kesehatan manusia yang mengandung bahan mentah atau olahan dari satu atau lebih tanaman.

  • Obat Tradisional

Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

  • Jamu

Jamu adalah Obat tradisional yang dibuat di Indonesia yang diproduksi dengan peralatan yang sederhana dan bahan bakunya belum terstandar. Jamu digunakan untuk pemeliharaan kesehatan secara tradisional yang keamanan dan khasiannya dibuktikan berdasarkan data empiris. 

Referensi:

  • Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 32 Tahun 2019 tentang Persyaratan Keamanan dan Mutu Obat Tradisional 
  • BPOM RI. 2020. Pedoman Penggunaan Herbal dan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 di Indonesia
  • Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 003/MENKES/PER/I/20102010 tentang Saintifikasi Jamu dalam Penelitian Berbasis Pelayanan Kesehatan