Ramuan Infused Water untuk Memproteksi Diri dari Virus Corona

Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau Virus Corona merupakan jenis baru coronavirus yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Coronavirus termasuk keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia, Virus Corona menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang serius, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) (WHO, 2020). Virus Corona pada awalnya teridentifikasi menyebar di daerah Wuhan, China akhir tahun 2019 lalu dan sampai saat ini terus menyebar ke negara lain seperti Singapura, Hongkong, Thailand, Jepang, dan Korea Selatan (Johns Hopkins CSSE, 2020). 

Sampai saat ini belum ditemukan vaksin maupun antivirus yang dapat digunakan dalam pencegahan maupun pengobatan saat seseorang terinfeksi Virus Corona. Untuk itu hal yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan mencegah tubuh dari infeksi virus tersebut. Salah satu langkah penting untuk mencegah virus tersebut ialah dengan meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuh. Virus Corona bisa menginfeksi siapa saja tetapi tentunya lebih berisiko menyerang orang yang sedang sakit atau yang memiliki imunitas tubuh yang lemah.

Terdapat banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan sebagai imunomodulator (senyawa tertentu yang dapat meningkatkan mekanisme pertahananan atau kekebalan tubuh) diantaranya adalah madu, kunyit dan jahe. Madu mengandung senyawa flavonoid yang  berperan sebagai imunomodulator dan dapat meningkatkan aktivitas sistem imun (Suhirman dan Winarti, 2007). Jahe mengandung senyawa fenolik seperti shogaol, gingerol, zingiberen, zingiberol, dan asam organik (asam laurat, palmitat, oleat, linoleat, dan stearat) (Wulandari, 2009). Dimana senyawa-senyawa tersebut dapat meningkatan daya tahan tubuh yang ditunjukkan dengan memberi respon kekebalan tubuh terhadap miroba asing yang masuk ke dalam tubuh (Winarti dan Nurdjanah, 2005). Infused water berbahan dasar madu, jahe, dan kunyit dapat dibuat sendiri dengan mudah, dengan cara sebagai berikut:

  1. Kupas dan iris tipis 1 ruas jahe dan 1 ruas kunyit lalu masukkan ke dalam botol minum
  2. Tambahkan air dan madu secukupnya
  3. Diamkan selama 1 sampai 3 jam (jika perlu diamkan di dalam lemari es) dan selanjutnya siap untuk dikonsumsi

Penyebaran yang cepat dari Virus Corona ke berbagai negara hingga menyebabkan ratusan korban jiwa membuat kita harus lebih waspada dan hati-hati. Selain rutin mengkonsumsi berbagai minuman dan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta istirahat yang cukup juga dapat dilakukan untuk mencegah dari terinfeksi Virus Corona dan berbagai virus lainnya.


Referensi :

  • Johns Hopkins CSSE. 2020.  Coronavirus COVID-19 Global Cases. https://systems.jhu.edu/research/public-health/ ncov. Diakses pada 3 Februari 2020.
  • Suhirman, S dan Winarti, C. 2007. Prospek dan Fungsi Tanaman Obat Sebagai Imunomodulator. Buletin Perkembangan Teknologi Tanaman Rempah dan Obat. XIX(2). 121-133.
  • WHO. 2020.  Coronavirus. https://www.who.int/health-topics/coronavirus . Diakses pada 3 Februari 2020.
  • Winarti, C. dan Nurdjanah, N. 2005. Peluang Tanaman Rempah dan Obat Sebagai Sumber Pangan Fungsional. Jurnal Litbang Pertanian. 24(2). 47-55.
  • Wulandari, Y.W. 2009. Karakteristik Minyak Atsiri Beberapa Varietas Jahe (Zingiber officinale). Jurnal Kimia dan Teknologi. 43-50.

 

Komentar

  • Kirim Komentar