Jahe merupakan salah satu rimpang dengan jutaan manfaatnya. Tanaman jahe telah lama dikenal dan tumbuh baik di Indonesia. Rimpang jahe sering digunakan antara lain sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan berbagai minuman. Jahe juga digunakan dalam industri obat, minyak wangi dan jamu tradisional. Jahe muda dimakan sebagai lalaban, diolah menjadi asinan dan acar. Disamping itu, karena dapat memberi efek rasa panas dalam perut, maka jahe juga digunakan sebagai bahan minuman seperti bandrek, sekoteng dan sirup. 

Sebuah penelitian telah membuktikan secara ilmiah berbagai manfaat dari jahe, diantaranya: 

  • Membantu menurunkan tekanan darah

Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah. 

  • Membantu pencernaan

Jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing berperan dalam pencernaan protein dan lemak.

  • Membantu mencegah penggumpalan darah dan menurunkan kadar kolesterol

Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan yang mampu mencegah penggumpalan darah dan diduga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jadi akan membantu mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang menjadi penyebab utama stroke, dan serangan jantung. 

  • Mencegah mual

Jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. 

  • Membantu meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin. 
  • Penangkal radikal bebas

Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Di zaman yang terus berkembang seperti saat ini, memunculkan inovasi baru dari sebuah produk yang tentunya akan lebih praktis dan ekonomis, salah satunya adalah adanya bubuk jahe. Bubuk jahe merupakan salah satu inovasi produk dimana kita dapat menikmati manfaat jahe dengan lebih praktis dan tentunya juga ekonomis. Untuk itu mulai sekarang siapkan bubuk jahe yang kaya akan manfaat ini sebagai seduhan yang menemani anda selama di rumah aja, agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga. 

Tidak bisa konsumsi bubuk jahe karena tidak bisa keluar dimasa new normal dan PSBB ini. Jangan khawatir sobat, Carijamu menyediakan produk bubuk jahe 100% dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terjamin. Caranya gampang banget, tinggal buka website http://edu.carijamu.com, langsung order produk yang kalian suka atau pesan langsung melalui Whatsapp Admin Carijamu, tinggal tunggu pesanan anda tiba di alamat kalian. Gampang kan? Yuk cari jamu, ingat carijamu.com!

REFERENSI :

Koswara, S. 2006. Jahe, rimpang dengan sejuta khasiat. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.