Jahe dan kurma ternyata dapat berkhasiat untuk menguatkan pencernaan. Tanaman jahe atau yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale sudah lama dikenal dan tumbuh di negara kita. Jahe telah terbukti secara ilmiah dalam membantu menguatkan pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing bertugas mencerna protein dan lemak. Rasa jahe yang tajam juga mampu merangsang nafsu makan, memperkuat otot usus dan membantu mengeluarkan gas usus (Koswara, 2006).

Kurma merupakan buah yang cukup populer dengan berbagai kandungan penting yang bermanfaat bagi tubuh. Kurma mengandung 70% gula yang mudah dicerna dan merupakan sumber serat makanan. Serat larut dan tidak larut yang terkandung dalam kurma membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan membuat usus besar bisa bekerja dengan baik (El Sohaimy et al., 2015). Selain itu, penyerapan gula kurma di dalam tubuh lebih cepat dibandingkan gula yang berasal dari nasi yang memerlukan waktu berjam-jam lebih lama (Satuhu, 2010). Inilah alasan mengapa kurma bermanfaat dikonsumsi tidak hanya saat bula ramadhan.

Campuran jahe dan kurma dapat dikonsumsi menjadi sebuah minuman yang sangat nikmat. Dengan menyiapkan jahe merah seukuran 2 jempol, kurma 5 buah dan air 200 ml, minuman sehat ini sudah dapat dibuat dengan mudah. Cara membuatnya (umma.id):

  1. Iris tipis jahe
  2. Rebus dengan air 200 ml
  3. Sebelum mendidih langsung diangkat dan diamkan sebentar
  4. Blender dengan kurma yang sudah dibuang bijinya (kurma boleh ditambahkan jika kurang manis)
  5. Saring dan letakkan di dalam gelas.

Minum saat perut kosong, bangun tidur atau 1 jam sebelum tidur. Dengan berbagai manfaat diantara jahe dan kurma, tidak heran jika minuman campuran jahe dan kurma ini sangat baik untuk kita konsumsi.

Referensi :

  • https://umma.id/post/tingkatkan-daya-tahan-tubuh-dengan-ultimate-jahe-kurma-1262276?lang=id
  • El Sohaimy, S.A., Abdelwahab, A.E., Brennan, C.S., Aboul-enein, A.M., 2015, Phenolic Content, Antioxidant and Antimicrobial activities of Egyptian Date Palm (Phoenix dactylifera L.) Fruits., Australian Journal of Basic and Applied Sciences.
  • Satuhu, Suyanti. 2010. Kurma Khasiat dan Olahannya. Jakarta: Penerbit Plus+.
  • Koswara, S. 2006. Jahe, rimpang dengan sejuta khasiat.┬áJakarta: Pustaka Sinar Harapan.