Pada bulan ramadhan, adanya perubahan pola makan, minum serta tidur ditambah dengan cuaca yang tidak menentu dapat menurunkan daya tahan tubuh. Akibatnya tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Mengkonsumsi minuman sehat seperti jamu khas Indonesia bisa membantu agar dapat menjalankan puasa dengan lancar.

Salah satu jamu yang dapat dikonsumsi selama bulan ramadhan ialah jamu som jawa. Som jawa atau ginseng jawa (Talinum paniculatum Gaertn.) adalah tanaman herba tahunan yang tumbuh tegak sekitar 40-60 cm dengan batang yang bulat. Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan adalah akar dan daun. Bagian tersebut mengandung saponin, flavonoid dan tanin yang bermanfaat bagi kesehatan (Syamsuhidayat dan Hutapea, 1991).

Saat bulan ramadhan, kandungan ginseng jawa ini dapat memberikan manfaat dalam membantu meningkatkan stamina, mengurangi rasa lelah dan menjaga kesehatan pencernaan (Deherba.com dan Hidayat, 2005). Dan jamu som jawa ini dapat dikonsumsi setelah berbuka puasa.  Yuk tetap minum jamu saat bulan ramadhan agar puasa menjadi lebih lancar!

Referensi :