Berbagai jenis permasalahan kulit pasti pernah dialami oleh semua orang, mulai dari yang ringan hingga berat. Salah satu permasalahan kulit yang paling sering dialami sebagian besar orang yaitu jerawat. Jerawat menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar orang, baik pada laki-laki maupun wanita, karena jerawat dapat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Jerawat merupakan suatu kondisi peradangan akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti pada daerah wajah, leher, punggung, dan dada. Daerah wajah menjadi bagian yang paling sering ditumbuhi oleh jerawat.

Munculnya jerawat disebabkan oleh empat faktor, yaitu:

  1. Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  2. Penyumbatan pori-pori
  3. Aktifitas bakteri kulit
  4. Peradangan

Kelenjar minyak yang terlalu aktif berkaitan dengan kulit dan pori-pori. Produksi minyak berlebih dari kelenjar sinyak membuat pori-pori menjadi tersumbat karena adanya penumpukan minyak, yang menyebakan adanya aktivitas bakteri di dalam pori-pori yang tersumbat. Aktivitas bakteri mengakibatkan terjadinya infeksi, sehingga kulit mengalami peradangan. Peradangan pada kulit berjerawat terjadi untuk melawan zat asing berupa bakteri atau senyawa lainnya. Berdasarkan penyebab timbulnya masalah-masalah pada kulit, jerawat merupakan masalah kulit wajah yang mudah muncul sehingga perlu dilakukan perawatan untuk menyembuhkan jerawat (Irawati dan Sulandjari, 2013).

Akhir-akhir ini banyak bermunculan berbagai macam obat untuk jerawat yang menggunakan bahan alam sebagai bahan utamanya. Salah satu contohnya adalah pegagan atau dikenal dengan nama Centella asiatica. Kandungan utama dari Centella asiatica adalah triterpenoida, yaitu asiatikosida, asam asiatat dan asam madekasat. Kandungan asiatikosida dari Centella asiatica disebut sebagai antibakteri dan berperan juga dalam proses regenerasi jaringan kulit (Widowati, 2007).

Penggunaan Centella asiatica sebagai bahan utama dalam pengatasan masalah jerawat dapat digunakan dalam berbagai bentuk sediaan. Krim wajah yang mengandung ekstrak Centella asiatica terbutki mampu menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab jerawat (S. epidermidis, Pseudomanas sp, dan Propionibacterium sp). Selain itu, masker wajah berbahan dasar daun Centella asiatica merupakan salah satu solusi dan inovasi perawatan alami untuk mengurangi masalah jerawat pada kulit wajah. Produk perawatan yang terbuat dari bahan alamiah memang lebih aman, jarang menimbulkan efek samping yang membahayakan dan lebih terjangkau. Inilah yang menjadi keistimewaan dari produk alamiah.          

Referensi:

  • Gusti, A. 2009. Uji Aktivitas Krim Ekstrak Etanol Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban)     Terhadap Bakteri Penyebab Jerawat. Skripsi. Fakultas Farmasi. Universitas Andalas: Padang.
  • Irawati, L. Dan Sulandjari, S. 2013. Pengaruh Komposisi Makser Kulit Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) dan Pati Bengkuang Terhadap Hasil Penyembuhan Jerawat Pada Kulit Wajah Berminyal. E-Journal. Vol. 2. No. 2. Hal 40-48.
  • Widowati, L., 2007. Khasiat Pegagan Dari Penumpas TBC Sampai Peningkat Daya Ingat. Jakarta.