Lingkaran hitam di mata terlihat sangat lucu pada panda. Namun, bila lingkaran hitam itu terjadi pada mata manusia, bukan lagi menjadi hal yang lucu dan menarik. Ada berbagai macam sebutan untuk kondisi tersebut yaitu mata panda, mata raccoon, cincin mata atau kantong mata. Namun penyebutan yang trend dikalangan masyarakat, yaitu mata panda. Tentunya mata panda akan dapat merusak penampilan dan bila dibiarkan tanpa perawatan maka akan semakin menebal dan semakin terlihat jelas. Mata panda dapat disebabkan karena berbagai hal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Keturunan
  2. Kurang tidur
  3. Stress
  4. Gaya hidup tidak sehat
  5. Alergi
  6. Pemakaian make up mata yang berlebihan

Untuk mengatasi mata panda dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, baik secara alami maupun dengan menggunakan obat-obatan sintetis. Selanjutnya, diberbagai media cetak dan elektronik sudah banyak disebarkan informasi mengenai cara untuk mengatasi mata panda dengan bahan-bahan alami. Salah satunya dengan menggunakan kantong teh celup bekas. Teh hijau dan teh hitam merupakan jenis teh yang sering digunakan sebagai teh celup. Komposisi kimia pada teh terdiri dari kafein, tanin, protein, gula dan minyak atsiri yang terbentuk karena fermentasi dan menghasilkan aroma yang khas (Johnson dan Peterson, 1974). Selain komposisi kimia tersebut menurut Hartoyo (2003) pada teh juga terkandung katekin dan vitamin C. Katekin teh merupakan flavonoid yang termasuk dalam kelas flavanol. Katekin teh yang utama adalah epicatechin (EC), epicatechin gallate (ECG), dan epigallocatechin gallate (ECGC). Kandungan antioksidan pada teh seperti katekin dan vitamin C memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan termasuk mata panda. Antioksidan memiliki peranan penting bagi kesehatan khususnya mempertahankan tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas (Wulaningsih, 2008).

Adapun cara untuk mengatasi mata panda menggunakan kantong teh celup bekas yaitu sebagai berikut :

  1. Seduhlah teh hijau atau teh hitam celup
  2. Minumlah tehnya
  3. Keluarkan kantong teh celup
  4. Peras teh celup terlebih dahulu, lalu diamkan atau dinginkan di dalam kulkas sekitar 10 – 20 menit
  5. Teh celup yang sudah dingin bisa langsung dikompreskan pada mata yang tertutup selama 15 – 30 menit
  6. Sesekali, tekan teh celup dengan ujung jari atau pijat bagian sekitar mata dengan lembut (Rostamailis, 2005).

Penggunaan kantong teh celup bekas untuk mengatasi panda dapat menjadi salah satu pemanfaatan kantong teh agar tidak terbuang secara percuma. Dalam kantong teh tersebut masih terkandung senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Seiring dengan perkembangan zaman maka beberapa orang yang merasa tidak puas dengan pengobatan secara alami dan obat-obatan sintetis memilih jalan operasi untuk menghilangkan mata panda. Namun tentunya ada beberapa resiko yang akan didapatkan karena tindakan operasi tersebut khususnya resiko terhadap kesehatan tubuh. Untuk itu penggunaan bahan-bahan alami sangat dianjurkan untuk mengatasi mata panda karena lebih aman dan lebih mudah penggunaannya.

Referensi :

  • Hartoyo, A. 2003. Teh dan Khasiatnya Bagi Kesehatan. Kanisius: Yogyakarta.
  • Johnson, A.H. dan M.S. Peterson. 1974. Encyclopedia of Food Technology, Vol. II. The AVI Publisher Inc., Westport, Connecticut.
  • Rostamailis.  2005. Perawatan Badan, Kulit dan Rambut. PT. Mahasatya: Jakarta.
  • Wulaningsih. F. S. 2008. Uji Aktivitas Antioksidan Senyawa Campuran Derivat Kurkumin dan Katekin Hasil Isolasi Dari Daun Teh (Camellia sinensis) [Skripsi]. Jakarta: Universitas Indonesia.