Idul Adha sebentar lagi tiba, banyak hidangan nikmat dari olahan daging yang sulit ditolak, seperti rendang, semur daging, opor, sambal goreng ati dan lainnya. Tapi perlu hati-hati jika kalap menyantapnya, kadar kolesterol kita akan melonjak tidak terkendali. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah akan meningkatkan faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan penyakit lainnya (Stoppard, 2010). Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit maka perlu untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menormalkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut beberapa minuman yang dapat membantu menormalkan kadar kolesterol:

  • Teh

Berbagai jenis teh baik teh hitam, teh hijau, hingga teh oolong telah dikenal sebagai minuman penurun kolesterol. Kandungan antioksidan yang terdapat pada teh mampu membuat kadar kolesterol menjadi normal. Efek teh sebagai minuman penurun kolesterol tidak dapat dirasakan langsung sesaat setelah dikonsumsi tetapi harus rutin untuk dapat menormalkan kadar kolesterol.

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman fermentasi yang memiliki berbagai mcacam manfaat diantaranya dapat menurunkan kadar kolesterol. Yoghurt bekerja mengikat kolesterol pada usus sehingga kolesterol dapat keluar bersamaan dengan kotoran. Dalam yoghurt terkandung zat yang dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Yoghurt dapat menaikkan tingkat HDL yang merupakan kolesterol baik dalam tubuh. Yoghurt yang direkomendasikan adalah yoghurt plain dan dikonsumsi dua kali dalam sehari.

  • Jus Berry

Buah jenis beri-berian seperti blueberry dan strawberry juga bermanfaat untuk menurukan kolesterol. Kedua jenis beri ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan termasuk dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah. Aneka buah beri dapat dimakan langsung ataupun diolah menjadi jus. Namun, jika ingin diolah menjadi jus buah beri ini sebaiknya tanpa tambahan pemanis. Rasa manis pada buah beri sudah mampu membuat jus menjadi segar dan lezat. Untuk membuat jus dari buah beri dapat menggunakan 12 buah beri (blueberry atau strawberry) dan es batu serta air secukupnya. 

  • Jus Belimbing

Buah belimbing mengandung natrium dan vitamin C yang berguna untuk kesehatan. Mengkonsumsi belimbing secara teratur dapat menurunkan berat badan dan kadar kolesterol berlebih. Buah belimbing dapat dimakan langsung ataupun diolah menjadi jus. Untuk membuat jus dari buah belimbing dapat menggunakan belimbing ukuran sedang, air temulawak sebanyak 50 ml, air jeruk lemon, 2 sedok makan madu dan es batu.

  • Jus Delima dan Apel

Buah delima mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi penumpukan lemak jahat atau LDL. Sementara buah apel kaya akan zat pectin. Zat ini adalah zat serat larut yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, buah apel juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Buah delima dan apel dapat dimakan langsung ataupun diolah menjadi jus. Untuk membuat jus dari buah delima dan apel dapat menggunakan delima dan apel secukupnya dan es batu.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah tidak cukup jika hanya dengan rutin mengkonsumsi minuman alami seperti di atas tetapi juga harus dibarengi dengan menerapkan pola hidup sehat diantaranya rutin berolahraga dan mengatur pola makan dengan baik. 

Referensi: