Di tengah hangatnya perbincangan mengenai Coronavirus disease 2019 (Covid-19) ini menimbulkan munculnya mitos-mitos baru atau informasi yang belum diketahui akan kebenarannya, seperti pengobatan yang dapat menyembuhkan Covid-19 menggunakan bawang putih. Kondisi ini tidak baik jika terus berlangsung, apabila masyarakat sampai mempercayai dan melakukannya, maka bisa berakibat fatal.

Faktanya bawang putih memang memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah flu, mencegah Alzheimer, mempertahankan stamina, dan blain sebagainya (Liputan6.Com). Berdasarkan artikel pada Official Publicationof The Asian Pacific Organization For Cancer Prevention (APOCP) bahwa bawang putih memiliki beberapa sifat antimikroba, tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makan bawang putih dapat melindungi orang dari Covid-19. Menyikapi banyaknya pernyataan bahwa bawang putih dapat menyembuhkan Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan klarifikasi atas tersebarnya mitos pengobatan Covid-19 dan juga himbauan kepada masyarakat untuk tidak langsung mempercayai informasi baru yang beredar dan belum diketahui kevalidannya. Salah satu mitos yang diklarifikasi oleh WHO melalui situs resminya bahwa bawang putih juga tidak bisa melindungi kita dari infeksi virus corona (Kompas.Com). 

Sebagai masyrakat yang cerdas, kita harus pandai dalam memilah dan memilih informasi yang beredar saat ini. Jika informasi yang diperoleh belum diketahui ke kebenarannya maka jangan mengambil tindakan untuk mengkonsumsinya mentah-mentah. Tunggu adanya pembenaran terhadap informasi tersebut sebelum beraikbat fatal.  

Referensi: