Racun yang ada di dalam tubuh dapat disebabkan oleh makanan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Racun ini dapat mengganggu kerja dari organ di dalam tubuh seperti ginjal, hati, dan sebagainya. Jika kerjanya terganggu, maka akan membuat racun mengendap di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan. Pada dasarnya tubuh mempunyai sistem pembuangan yang dirancang khusus untuk dapat mendetoksifikasi atau membuang racun yang ada dalam tubuh, seperti ditemukan dalam fungsi hati, ginjal, kulit, usus besar, dan paru-paru.

Untuk mengurangi beban kerja dari organ-organ tersebut maka cara lain untuk mendetoksifikasi tubuh juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat dapat membantu tubuh dalam membuang racun, melancarkan sistem pencernaan, dan selain itu juga dapat menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut Yerima dkk, herbal yang dapat digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh dengan formulasi (ramuan) yang terdiri dari campuran bawang putih, jahe, madu, wortel, lidah buaya, kurma dan jagung. Berbagai macam herbal ini memiliki aktivitas sebagai antikanker, antioksidan, antiinflamasi, antibiotik, antiseptik, imunomodulator, detoxifier, dan sebagainya.

Berikut bahan dan jumlah yang diperlukan untuk membuat 250 ml ramuan detoksifikasi:

  1. Bawang putih
  2. Jahe                
  3. Madu              
  4. Wortel            
  5. Lidah buaya   
  6. Kurma            
  7. Jagung            
  8. Air                  

Cara membuat ramuan detoksifikasi tersebut sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan secukupnya
  2. Cuci semua bahan sampai bersih
  3. Rebus air
  4. Parut jahe, wortel, dan jagung
  5. Potong bawang putih dan kurma serta peras lidah buaya
  6. Masukkan semua ke dalam blender
  7. Setelah semua bahan selesai di blender, masukkan ke dalam air mendidih.
  8. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan tambahkan madu
  9. Didihkan lagi campuran tersebut dan pastikan semua bahan sudah tercampur
  10. Saring dan masukkan ke dalam botol atau wadah lainnya. Biarkan sampai dingin

Ramuan detoksifikasi ini dapat dikonsumsi di pagi hari sebelum makan dan di malam hari setelah makan masing-masing sebanyak 2 sendok makan.

Untuk mendetoksifikasi tubuh tidak cukup jika hanya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang dibuat dalam bentuk ramuan herbal. Namun juga perlu ditambah dengan rutin mengonsumsi air putih, menghindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan kafein serta istirahat yang cukup (Ramayulis, 2014).

Referensi:

  • Ramayulis, R., 2014, Rahasia diet, Niaga Swadaya, Jakarta.
  • Yerima, S., M., Saurabh, C., Ibrahim, .B, Shahid, K., M., Harshita, J., Nitin, N., Vikas, J.,  2019, Hearbal Detox Extract Formulation from Seven Wonderful Natural Herbs: Garlic, Ginger, Honey, Carrots, Aloe Vera, Dates, and Corn, Asian Journal o Pharmaceutical Research and Development, 7(3): 22-30.