Maraknya perbincangan publik mengenai corona, membuat seluruh sosial media kebanjiran akan komentar oleh para netizen. Corona virus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia, beberapa corona virus diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Virus corona yang paling baru ditemukan menyebabkan Corona Virus Diseases-19 (COVID-19) (WHO, 2020).

Langkah yang dapat kita lakukan agar terhindar dari Corona adalah dengan menjaga kebugaran fisik. Kebugaran fisik (physical fitness), yakni kemampuan seseorang melakukan kerja sehari-hari secara efisian tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih dapat menikmati waktu luang. Komponen kebugaran meliputi, kekuatan otot, kelenturan otot, komposisi tubuh, dan kebugaran kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) (Jamu Digital.Com). Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran fisik yaitu, olahraga secara teratur, makan-makanan yang bergizi seimbang, menjaga kebersihan dan tak lupa dengan mengkonsumsi ramuan jamu kebugaran.

Adapun jamu kebugaran hanya bersifat membantu meningkatkan kebugaran bukan sebagai obat kuat. Komposisi ramuan jamu kebugaran untuk penggunaan satu hari, terdiri dari bahan kering:

  1. Rimpang temulawak 5 gram
  2. Rimpang kunyit 4 gram
  3. Herba meniran 3 gram

Cara Pembuatan:

  1. Rebus 800 ml air dalam panci/kendil
  2. Masukan satu ramuan jamu kedalam panci/kendil
  3. Angkat dan diamkan panci/kendil, lalu saring menggunakan saringan
  4. Hasil penyaringan diminum sehari 2 kali

Hal kecil seperti diatas yang dapat membantu kita dan sekeliling kita terhindar dari virus corona dengan menjaga daya tahan tubuh untuk selalu dalam kondisi fit. Ayo selalu hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita.

Referensi:
https://www.jamudigital.com/berita?id=Ramuan_Jamu_Saintifik_Untuk_Kebugaran