Kolesterol merupakan zat lemak dalam darah. Secara umum, ada dua jenis kolesterol yaitu LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol jahat) dan HDL (high-density lipoprotein atau kolesterol baik). Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk pemeliharaan dinding sel, pembentukan sel-sel baru dan sebagai bahan baku hormon. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi maka akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Kolesterol menjadi faktor pemicu munculnya beberapa penyakit seperti jantung, stroke dan hipertensi. 

Peningkatan kadar kolesterol dapat disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, merokok, konsumsi alkohol, konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan faktor genetik. Untuk menurunkan kadar kolesterol dapat dilakukan dengan dengan konsumsi ramuan penurun kolesterol. Berikut beberapa contoh ramuan penurun kolesterol:

  • Kunyit

Kunyit mengandung kurkuminoid yang bersifat sebagai antioksidan dan dapat menurunkan kolesterol. Sebagai penurun kolesterol, campurkan setengah sendok teh kunyit bubuk dengan segelas air hangat dan dikonsumsi pada pagi hari.

  • Bawang Putih

Senyawa alicin pada bawang putih diketahui mengandung sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dikutip dari laman Very Well Health, konsumsi 1-2 siung bawang putih mentah per hari atau sekitar 300 miligram bubuk bawang putih dalam bentuk tablet (sebagai dosis umum yang direkomendasikan) dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol.

  • Bawang Merah

Bawang merah mengandung sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagai penurun kolesterol, campurkan satu sendok teh bawang merah (yang sudah dijus) dengan madu atau jahe dan dikonsumsi sehari sekali.

  • Biji Rami

Biji rami mengandung asam alfa linolenat dan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagai penurun kolesterol, campurkan satu sendok makan biji rami bubuk dengan segelas air hangat.

  • Biji Ketumbar

Biji ketumbar mengandung antioksidan, berbagai minyak esensial dan asam lemak yang dapat menurunkan kolesterol. Sebagai penurun kolesterol, rebus dua sendok teh biji ketumbar bubuk dengan segelas air dan dikonsumsi dua kali sehari.

Selain rutin mengonsumsi ramuan penurun kolesterol seperti di atas dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup juga dapat membantu mempercepat penurunan kolesterol. Mari sejak dini kita kontrol kadar kolesterol agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Referensi: