Salam sehat sahabat carijamu! Taukah kamu, pada tanggal 12 November kemarin bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang ke-55, Kementerian Kesehatan RI mengangkat tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Melalui tema ini Kementerian Kesehatan berupaya mengajak masyarakat membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai langkah promotif preventif untuk mencegah tertular penyakit serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Dalam buku yang berjudul Sehat, Cantik, Bugar dengan Herbal dan Obat Tradisional, untuk tetap sehat dan bugar sampai masa tua, minimal ada beberapa kebiasaan yang harus dilakukan sejak usia muda, diantaranya:

  1. Minum air dalam jumlah cukup yakni sekitar 6-8 gelas per hari
  2. Berjemur di bawah sinar matahari pagi pukul 06:00 – 09:00 selama beberapa menit,
  3. Olahraga
  4. Istirahat yang cukup
  5. Menghindari mengonsumsi bahan berbahaya seperti rokok
  6. Membina hubungan secara vertikal dalam bentuk ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan hubungan horizontal dalam benuk hubungan sosial dengan lingkungan sekitar serta back to nature atau kembali ke alam (Yuliarti, 2009).

Langkah back to nature atau kembali ke alam dapat dilakukan dengan melestarikan kebiasaan minum jamu yang berguna untuk meningkatkan kebugaran tubuh serta menghindari tubuh dari terserang penyakit. Menurut Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisonal Tawangmangu, ramuan jamu TOGA (Tanaman Obat Keluaga) yang dapat digunakan untuk meningkatkan kebugaran terdiri dari 3 macam bahan, yaitu:

  1. Rimpang temulawak sebanyak 5 gram
  2. Rimpang kunyit sebanyak 4 gram
  3. Herba meniran sebanyak 3 gram

Ramuan tersebut direbus dalam 800 ml air dalam panci tertutup dan ditunggu hingga mendidih selama 15 menit. Untuk merasakan khasiatnya, air rebusan ramuan ini dapat diminum dua kali sehari pada pagi dan sore setengah jam setelah makan. Dengan bekerja meningkatan kebugaran jantung dan pembuluh darah secara otomatis akan membuat tubuh terasa lebih bugar dan sehat.

Perlu diingat, untuk mendapatkan tubuh yang bugar membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka dari itu mulailah dari sekarang untuk menjalankan pola hidup sehat dengan rutin minum jamu, berolahraga, dan mengurangi konsumsi hal-hal yang dapat merusak tubuh.

Referensi :